Macam Macam Qiroah

Qira'at (disebut juga qiro'at) adalah suatu hal yang menarik untuk kita pelajari. Mengapa demikian? Dikarenakan dengan ilmu qiro'at itulah kita bisa mengetahui perbedaan-perbedaan dalam membaca Al-Qur'an. Tentu kita pernah mendengar seorang qori' membaca Al-Qur'an dengan bacaan yang aneh-aneh. Contoh kecilnya saja, hal yang sering kita dengar, orang membaca surah Ad-Duha sebagaimana berikut: "Wad duhee. Wal laili idza sajee. Wa wadda'aka robbuka wa ma qolee". Tentu bagi orang awam bacaan tersebut adalah salah. Namun, bagi orang yang sudah mendalami atau paling tidak pernah mempelajari ilmu qiro'ah akan tahu bahwasanya hal tersebut bukanlah hal yang salah. Bahkan, bacaan tersebut hanyalah bagian kecil dari jagat imu qiro'ah. masih ada puluhan bahkan ratusan cara bacaan lagi yang unik dan aneh.



Bisa dikatakan ilmu qiro'ah adalah ilmu tajwid tingkat lanjutan. Maka dari itu, untuk mempelajari ilmu qiro'ah tentu saja kita harus memiliki pengetahuan yang cukup mendalam dalam ilmu tajwid, karna jika tidak maka mempelajari ilmu qiro'ah akan terasa sedikit lebih sulit. Mungkin dari kita pernah ada yang mendengar qiro'ah sab'ah, apakah qiro'ah sab'ah termasuk dalam qiro'ah yang kita bahas ini? Tentu saja qiro'ah sab'ah tersebut masuk dalam pembahasan kita kali ini. Namun, qiro'ah sab'ah bukanlah bab melainkan adalah subbab dalam pembahasan kita kali ini. Karena apa? Karena qiro'ah sab'ah hanyalah bagian kecil dari ilmu qiro'ah itu sendiri.

Secara garis besar, qiroah dibagi menjadi dua macam yaitu "qiro'ah mutawattiroh" dan "qiroah syadzah". Bukankah mutawattir adalah salah satu jenis hadis? Tidak juga, untuk mengetahui tentang apa itu mutawattiroh silahkan klik disini. Mutawattiroh tidak hanya digunakan dalam hadis saja, dalam qiro'ah istilah tersebut juga digunakan. Qiroah mutawattiroh adalah... baca selengkapnya. Lalu bukankah syadzah adalah salah satu istilah yang digunakan dalam ilmu nahwu? Sebagaimana juga istilah mutawattiroh, istilah syadzah juga tidak hanya digunakan dalam satu ilmu saja. Lalu apakah syadzah itu? silahkan baca disini. Sedangkan qiroah syadzah sendiri adalah... baca selengkapnya.

Ya begitulah, sedikit hal tentang qiro'ah. Intinya, secara garis besar qiroah terbagi jadi dua sebagaimana telah disebutkan. penjelasan lebih lanjut silahkan klik pada link yang telah disediakan. Wallahu A'lam...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Sherlock Holmes Series